Dragon Nest INA : guardian atau crusader


Habis cari beberapa referensi tentang crusader dan guardian dragon nest dari server luar, jadi pengen share artikel tentang kelebihan dan kekurangan ke 2 class ini. Jadi bagi yang bingung menentukan class, saya akan share dari data yang saya kumpulin dari youtube, forum dan pengalaman pribadi. Check this out!

Guardian.

Sudah pernah saya bahas disini tentang guardian dragon nest. Guardian adalah class dengan tingkat bertahan hidup tertinggi dibanding semua class yang ada. Skill build pada class paladin lebih difokuskan ke defense. Skill bertahan mereka antara lain, block, stance of faith, iron will, the god within dan guardian force. Dengan skill bertahan sebanyak ini, bagaimana tidak mereka menjadi class bertahan hidup tertinggi? Dalam pvp, guardian adalah class yang akan bertahan hidup paling lama. Selain itu guardian juga menjadi class yang dihindari karena menyerang guardian hanya membuang waktu saja. Skill counter yang dimiliki guardian membuat musuh  secara tidak sadar terkena damage, sering sekali kejadian ketika saya pvp, musuh K.O oleh reflek damage guardian saya. Jadi kesimpulannya, guardian adalah main tanker di setiap nest karena lebih fokus pada skill bertahan. Build guardian adalah STR, INT, VIT atau AGI, INT, VIT.

Kelebihan.

- Skill defense yang banyak.
- Memiliki defense tinggi.
- Memiliki magic defense tinggi.
- Memiliki skill counter dan reflect damage.
- Memiliki beberapa skill offensive instant yang berdamage tinggi (Electric smite, armor break, justice crash).
- Memiliki HP tinggi.
- Tingkat STR tinggi.

Kekurangan.

- Attack relatif kecil dibanding class lain.
- Memiliki DPS kecil (Namun kebanyakan guardian menggunakan plate kick untuk menyiasati ini). Ketika menggunakan plate roundhouse dan sidekick guardian menghasilkan 50% + 163%+ 2241 damage tiap 0.86 detik. Ini cukup menutupi kekurangan guardian dalam hal attack, namun efek sampingnya, kicking paladin menghabiskan terlalu banyak MP, alias MP bocor.
- Magic defense lebih kecil dibanding crusader.


Crusader.

Crusader adalah paladin yang berorientasi pada magic damage dan DPS (damage per second). Mereka memiliki attack yang lebih unggul dibanding guardian. Dalam pvp, crusader lebih agresif dibanding guardian, karena crusader tidak memiliki skill bertahan sebanyak guardian. Namun skill bertahan mereka tidak buruk. Jadi bisa dibilang crusader adalah class yang menguasai semua aspek (attack/defense), sehingga merupakan balance class. Build crusader adalah INT, VIT.

Kelebihan.

- Memiliki magic damage tinggi.
- Memiliki magic defense lebih unggul dari guardian (karena crusader fokus dalam int).
- Banyaknya skill offensive (smite, electric zap, sacred hamering, ancient relic).
- Dengan banyaknya skill offensive, mereka masih bagus dalam bertahan.
- Serangan mereka lebih banyak ke light attack.

Kekurangan.

- Paladin adalah tanker class, namun crusader lebih berorientasi ke attack, sehingga mereka balance dan tidak dapat fokus ke attack maupun defense.
- Skill defense tidak sebanyak guardian.
- Crusader merupakan 2nd tanker, jarang di gunakan sebagai main tanker.
- Crusader build DPS masih belum bisa menandingi class lain.
- Tidak dapat terlalu mengandalkan reflect damage, karena pertahanan mereka tidak setangguh guardian.



Kesimpulan.

Jadi kesimpulannya guardian adalah class berorientasi defense di sisi lain crusader berorientasi pada attack. Guardian memiliki banyak skill bertahan, sedangkan crusader memiliki banyak skill menyerang. Crusader lebih fleksibel dalam normal dungeon dengan attack dan defense, sedangkan guardian berfungsi sebagai tameng dalam party. Kedua class dapat melakukan solo nest walaupun tidak secepat class lain. Jadi guardian atau crusader itu tergantung play style player masing - masing. Untuk saya sendiri memilih guardian, walaupun mereka tidak memiliki banyak skill menyerang, namun saya masih bisa mengandalkan orang lain untuk menyerang :D

Untuk membeli gold dragon nest INA, KLIK DISINI

Kata kunci : guardian atau crusader dragon nest, perbandingan guardian dan crusader, kelebihan dan kekurangan guardian dan crusader dragon nest, crusader dan guardian build dragon nest, crusader dan guardian dragon nest INA.

Share on Google Plus

About Paul Pranata

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

8 komentar :

  1. Crusader.
    Crusader adalah paladin yang berorientasi pada magic damage dan DPS (damage per second). Mereka memiliki attack yang lebih unggul dibanding guardian. Dalam pvp, crusader lebih agresif dibanding guardian, karena crusader tidak memiliki skill bertahan sebanyak guardian. Namun skill bertahan mereka tidak buruk. Jadi bisa dibilang crusader adalah class yang menguasai semua aspek (attack/defense), sehingga merupakan balance class. Build ****guardian**** adalah INT, VIT.

    yg aku kasih bintang 4 ganti crusader kakak :P

    ReplyDelete
  2. Coba kak Cek crusader hybrid buildnya pally koon dn sea di youtube.itu crus yg bisa bersaing dps dngan class lain

    ReplyDelete
  3. Main weapon tuk Crusader sama Guardian bagusnya apa aja ya, Mace atau Flail?

    ReplyDelete
  4. crusader avatar(TGW)+judge power+holy relic (goddes relic) 2jt damage nya. Seram

    ReplyDelete
  5. kata siapa...?? cap 70 clas mereka hilang ditelan ombak destro,,,,,,
    makanya bikin banyak class job....

    ReplyDelete