4digitalovers

Pecinta Gadget dan Apple Fanboy

ads

Tuesday 23 June 2015

Perbedaan dota 2 dan dota 2 new reborn


Halo gamers, sudah tau kalau steam telah mengeluarkan dota 2 new reborn? Sedikit info bahwa dota 2 new reborn adalah dota 2 yang di remake dengan menggunakan engine baru, sesuai info yang ada di news dota 2. Dota 2 new reborn masih dalam tahap beta saat ini, namun tetap bisa kita mainkan secara normal, karena sesuai pengalaman admin, tidak terlalu banyak bug yang mengganggu jalannya permainan, namun beberapa bug yang admin temui cuman minor bug, dimana ketika memilih hero, tombol pilihan tidak cepat merespon, atau terdapat lag saat pertama kali hero muncul. Namun dari sisi grafis dan fitur, dota 2 new reborn memang lebih baik dari dota 2 sebelumnya. Berikut admin kupas tuntas perbedaan antara dota 2 dan dota 2 new reborn, baik dari segi UI (user interface), fitur, grafis dan performa.

1. Main Menu

Ketika masuk pertama kali pada game kita akan masuk ke menu utama, menu utama dota 2 original pasti sudah banyak yang tahu, dimana bagian atas terdapat menu bar, di menu sebelah kiri terdapat menu custom. Layout tengah tombol find match dan news, sedangkan layout sebelah kanan berisi friend list dan profil. Berbeda dengan dota 2 original, dota 2 new reborn memiliki display yang lebih segar. Sekilas admin merasa tampilan menu utama dota 2 new reborn mirip dengan layout windows 8, namun yang tidak berubah hanya menu bar di bagian atas. Keunggulan menu utama dota 2 new reborn adalah pada menu utama terdapat newsfeed dan notifikasi seperti pada sosial media sejenis facebook, instagram dan lain - lain. Kotak newsfeed ini berisi aktifitas yang dilakukan oleh teman - teman kita, seperti ketika teman anda bermain game steam lain, login ke dota, membuka item dota, semua akan tercatat di kotak news feed, sehingga kita tau aktivitas teman kita. Di pojok kanan bawah terdapat shortcut untuk langsung bermain dota, dimana cukup klik tombol "Play Dota" otomatis menu custom game akan muncul, menurut admin shortcut ini lebih membantu dalam memulai permainan secara cepat.

2. Fitur

Dota 2 new reborn memiliki banyak fitur baru, seperti fitur newsfeed, gameplay dan mungkin banyak fitur lain yang masih belum bisa admin jelaskan, karena belum semua fitur admin gunakan secara maksimal. Yang jelas fitur yang paling menonjol adalah fitur custom game yang sangat bervariasi. Dan terdapat menu untuk melihat hero beserta equip dan skill yang tersedia.

3. Grafis

Untuk masalah grafis jelas dota 2 original dan dota 2 new reborn memiliki perbedaan grafis, ini dikarenakan adanya perubahan engine dari dota sebelumnya. Kalau menurut admin grafis dota 2 new reborn lebih baik dari dota 2 original. Pada dota 2 original grafis yang ditampilkan terasa blur ketika diturunkan kualitas render nya, sehingga tidak bisa terlihat secara detail hero atau creeps yang ditampilkan, namun tidak untuk dota 2 new reborn, grafisnya lebih terlihat detail dengan spesifikasi laptop/PC yang sama. Namun sedikit kekurangan pada segi setting render, karena admin tidak dapat menurunkan lagi kualitas render, dan hanya stuck di 78%, entah ini bug atau memang secara otomatis dota 2 new reborn menyesuaikan setting dengan laptop/pc user, yang jelas admin merasa dota 2 new reborn memiliki grafis lebih detail saat dimainkan pada laptop dengan spesifikasi menengah. Mungkin bisa dibandingkan sendiri, ini screenshot yang diambil ketika permainan. Terlihat untuk creeps pada dota 2 original terlihat sedikit kabur, sedangkan pada dota 2 new reborn terlihat lebih jelas.

4. Performa.

Mungkin point ke empat ini adalah point paling penting bagi para pemain dota dengan spesifikasi laptop low hingga mid. Performa pada dota 2 original memang tergolong berat, admin menggunakan laptop dengan spesifikasi :

Intel core I3
RAM 4GB
HDD 500GB
Grafis card Nvidia Geforce 740M

Dengan spesifikasi diatas permainan berjalan cukup mulus dengan kualitas render sebesar 51%, namun permainan berjalan sedikit kasar ketika laptop tidak terhubung dengan daya listrik. Bagaimana dengan dota 2 new reborn. Admin dapat bermain secara mulus dengan kualitas render grafis sebesar 78%, selain itu admin sempat mencoba bermain tanpa menghubungkan daya (charge), namun tidak ada perubahan terlalu besar pada performa saat bermain dota 2 new reborn, salah satu masalah hanya terjadi lag parah ketika permainan pertama, namun setelah permainan dimulai, creeps muncul, masalah lag akan hilang dengan sendirinya. Entah perasaan saja atau memang benar bahwa dota 2 new reborn memiliki performa lebih bagus, Ini dapat dilihat pula saat admin membuka menu store, hero, dll. Animasi pada menu juga terasa lebih mulus dibanding dengan dota 2 original, yang mengalami sedikit patah - patah pada laptop admin saat mengakses menu, padahal pada dota 2 new reborn animasi lebih banyak transisi halaman juga sangat bagus, tetapi bisa berjalan mulus pada laptop yang sama. Berikut ini screenshot setting yang diambil (atas dota 2 new reborn, bawah dota 2 original terlihat render quality di setting atas mendapat nilai 78%, dan bawah 51% dengan performa yang sama). 

Dari 4 point diatas, admin dapat menyimpulkan bahwa engine baru yang digunakan pada dota 2 new reborn cukup memuaskan, dengan tampilan menu yang lebih segar, interface dengan animasi dan transisi yang memukau, perubahan grafis yang cukup baik, dan performa yang hampir sama dengan dota 2 original. Mungkin bagi para pemain dota yang mampir disini bisa share keunggulan dan kelemahan dota 2 new reborn pada bagian komentar. Sehingga jika ada kesalahan dalam mengulas dota 2 new reborn ini, bisa segera admin perbaiki. Happy gaming.

Artikel lain :
Game eksklusif android

7 comments:

Adbox